}); Cara Membedakan Sepatu Vans Asli dan Palsu - KapanLagi.Com

Semakin terkenal suatu merk, maka semakin banyak produsen nakal yang membuat produk tiruannya demi mendapatkan keuntungan. Saat ini pu...

Cara Membedakan Sepatu Vans Asli dan Palsu


Semakin terkenal suatu merk, maka semakin banyak produsen nakal yang membuat produk tiruannya demi mendapatkan keuntungan. Saat ini pun sepatu Vans sudah banyak dipalsukan, terutama model sepatu klasiknya. Sepatu Vans palsu biasanya cepat rusak karena bahan yang digunakan pun berkualitas rendah. Jika dilihat sekilas memang tampak seperti sepatu asli, namun kamu harus tetap berhati-hati. Kamu perlu lebih teliti lagi dalam membeli sepatu Vans agar tidak kecewa.

Perhatikan Logo Vans dengan Seksama

Membedakan sepatu palsu dengan yang asli memang cukup sulit, terutama bagi orang awam. Hal pertama yang bisa kamu perhatikan adalah logo sepatu Vans yang tertera pada sepatunya. Pada sepatu asli, logi Vansnya tercetak dengan menggunakan huruf kapital. Huruf “V” terlihat membentuk seperti simbol akar pada rumus matematika. Lalu di bagian kanan bawah logo terdapat juga huruf “R” di dalam lingkaranan.

Logo Vans juga terdapat pada bagian sol dalam. Log pada sepatu asli di bagian sol dalam terlihat agak tebal dan menutupi pori-pori sol. Jika tulisan logo Vans tersebut tipis, maka bisa dipast sepatu Vans tersebut palsu.

Cek Heel pad

Langkah kedua dalam mendeteksi keaslian sepatu Vans adalah dengan melihat dari hell ped-nya. Ada juga yang yang menyebut bagian ini sebagai hell patch. Benda ini adalah semacam logo yang menyegel sambungan sepatu. Rata-rata heel pad ini dibuat dari karet tebal dan agak keras.

Untuk mengetahui perbedaan Vans asli dan palsu, heel pad  Vans asli ketika ditekan oleh kuku tidak akan membekas. Sedangkan Vans yang palsu paati membekas. Bahan hell pada Vans Palsu juga lebih lembek dan sablonan tulisan Vans “off rhe Wall” nya leb tipis.

Jahitan Sepatu

Bagian yang harus Kamu perhatian saat membeli sepa Vans adalah jahitannya. Sepatu Vans memiliki jahitan yang rapi dan tertata. Jika kamu melihat ada dua baris jahitan, jahitan-jahitan tersebut harus identik, simestris, dan jaraknya sama. Lihat juga jahitan bagian dalamnya, pastikan jahitan tersebut juga rapi dan simetris.

Selain itu kamu bisa membuktikan kualitas jahitan dengan cara melepas salah satu bagian jahitan sepatu menggunakan kuku. Jika jahitan tidak terlepas dan masih tertata rapi, bisa dipastikan sepatu Vans tersebut asli.

Cek Kode Waffle

Salah satu cara mengetahui sepatu Vans kamu asli atau tidak adalah dengan mengecek kode waffle nya. Kode waffle bisa kamu lihat pada bagian sol sepatu. Kode-kode tersebut diantaranya :
IFC : Made in China
SHC : Made in China
ZDC : Made in Vietnam
GSI : Made in Indonesia
Kode waffle ini bukan merupakan jaminan, sebab banyak juga sepatu yang bagian kiri dan kanannya memiliki kode yang berbeda. Jangan pula berpatokan pada kode waffle, karena produk palsu juga banyak yang dilengkapi dengan kode ini.

Cek Kualitas Sole

Karena kode waffle pada outsole tidak bisa dijadikan acuan final dalam memastikan sepatu Vans asli atau tidak, maka kamu harus memperhatikan kualitasnya. Mulai daro sole dalam, outsole, hingga foxing stripe/ / tape ( garis berwarna yang merekatkan sole dengan sepatu).

Vans original menggunakan material karet berkualitas sangat baik, sehingga solenya lentur, lemnya kuat, dan tahan banting. Semua ini karena sepatu Vans memang diciptakan sebagai alas kaki olahraga ekstrim seperti BMX dan skate board.

Cek Kode di Boks Sepatu

Untuk mengetahui sepatu Vans yang asli selain dari material dan kelengkapan sepatunya, kamu juga bisa mengecek kode yang ada pada boks sepatu. Kode pada boks menandakan bahwa sepatu yang telah beredar merupakan keluaran resmi dari Vans. Cara pengecekannya sangat mudah, misalnya untuk sepatu Vans Era 59 CA (wool) Gris, kode yang tertera pada boksnya adalah VN-0LYJLIY. Masukkan kode ini pada kotak pencarian di Google. Jika penelusuran si google tidak membuahkan hasil, sepatu Vans tersebut palsu.

Nah udah tau kan perbedaan Sepatu Vans yang asli dan yang palsu. Kabar baiknya kalian bisa membeli koleksi sepatu Vans di Blibli.com dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, mulai dari cicilan 0%, beragam cara pembayaran, cicilan tanpa kartu kredit, hingga gratis ongkir. Pastikan sepatu Vans yang kalian beli asli ya!

1 komentar: