}); Cara Mengetahui Kondisi Mesin Mobil yang Masih Bagus - KapanLagi.Com

Mobil merupakan kendaraan yang tentunya ingin dimiliki semua orang karena bisa memberikan kenyamanan selama perjalanan. Kapasitanya juga...

Cara Mengetahui Kondisi Mesin Mobil yang Masih Bagus


Mobil merupakan kendaraan yang tentunya ingin dimiliki semua orang karena bisa memberikan kenyamanan selama perjalanan. Kapasitanya juga jelas lebih banyak dibandingkan motor. Di ibu kota sekali pun macet orang-orang tetap senang menggunakan mobil karena terlindungi dari polusi kendaraan bermotor.
Buat Anda yang tidak memiliki cukup dana untuk membeli mobil baru, bisa membeli mobil bekas. Saat memutuskan membeli mobil bekas hal yang paling penting untuk diperiksa adalah bagian mesin mobil. Ini bagian yang akan menunjukkan mobil tersebut masih berkualitas atau tidak. Ini cara mengetahui kondisi mesin yang masih bagus.
1.      Suara Mesin
Cara paling mudah dan paling cepat dengan mendengarkan suara mesin mobil. Jika suaranya masih halus dan konstan, ini menandakan kondisi mobil masih dalam keadaan yang bagus. Ulangi dua sampai tiga kali dengan jeda beberapa menit setiap mencobanya. Jika suara mesin menyendat, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli mobil tersebut.
2.      Tidak Ada Kebocoran
Mesin yang masih bagus tentunya tidak akan mengalami masalah kebocoran pada bagian bahan bakar atau pun olinya. Jika mobil yang Anda coba tidak mengalami masalah ini agar lebih yakin lakukan pengecekan pada bagian baut yang ada di mesin. Pastikan kondisinya masih bagus dan tidak ada bagian yang dol. Jika pada bagian mesin Anda melihat ada rembesan cairan ini menandakan mesin sudah tidak bagus.
3.      Asap yang Dikeluarkan
Cara mengetahui kondisi mesin mobil bisa Anda lihat dari asap yang keluar. Asap dari mesin yang dalam kondisi baik tidak memiliki warna. Jika asap yang keluar sudah berwarna, artinya mesin mobil sudah mengalami masalah.
Kondisi ini terjadi karena pembakaran pada ruang mesin tidak terjadi dengan baik. Anda bisa melihat ini dengan mudah pada bagian knalpot mobil. Jika bagian knalpot asap yang keluar berwarna hitam maka ini menandakan pembakaran terjadi dengan tidak sempurna. Jika bagian knalpot mengeluarkan asap putih yang mengepul ini menandakan terjadinya pencampuran oli di dalam ruang pembakaran mesin.
4.      Getaran pada Mesin
Cara berikutnya untuk mengetahui kondisi mesin yang masih bagus dengan merasakan getaran mesinnya. Anda akan merasakan getaran yang normal saat menghidupkan mesin jika kondisinya masih dalam keadaan baik. Jika getaran yang terjadi saat mobil dihidupkan tidak stabil ini menandakan ada masalah pada bagian mesin yang perlu diperiksa lebih lanjut.
5.      Lampu Indikator
Cara yang paling cepat untuk mengetahui kondisi mesin sebenarnya bisa dilihat langsung dari lampu indikator. Lampu ini akan menunjukkan kondisi mesin dengan sangat cepat. Anda akan melihat lampu indikator ini tidak menyala jika kondisi mesin dalam keadaan baik. Jika lampu sudah menyala sejak mobil dihidupkan ini sudah petanda yang sat kalau kondisi mesin sudah dalam keadaan yang tidak baik.
6.      Tidak Muncrat
Kondisi mesin yang masih bagus juga dapat diketahui dengan memeriksa air radiator. Jika saat membuka bagian mesin dan ada air yang muncrat ini jelas menandakan bahwa mesin dalam keadaan yang tidak stabil. Jika saat diperiksa tidak ada air yang muncrat, maka kondisi mesin sudah pasti dalam keadaan yang aman.
Anda bisa melakukan pengecekan mesin mobil sendirian jika memang sudah mengetahui seluk-beluk mesinnya. Jika tidak mengetahui atau tidak paham, sebaiknya membawa seseorang yang memahami untuk melakukan pemeriksaan mesin. Apa pun jenis mobil yang akan dibeli harus diperiksa terlebih dahulu bagian mesinnya karena ini kunci utama kualitas sebuah mobil bekas.

0 comentários: